komunitas sb1m

Jangka Waktu Pengembalian dalam Investasi

Jangka Waktu Pengembalian dalam Investasi – Jangka waktu pengembalian hasil sebuah investasi sering disebut dengan istilah payback period. Artinya, seberapa cepat sebuah investasi akan kembali hasil (return on investment). Semakin cepat sebuah investasi kembali hasilnya maka semakin baik untuk diinvestasikan.

Jangka Waktu Pengembalian dalam Investasi

Jangka waktu pengembalian hasil sebuah investasi juga ditentukan oleh tujuan investasi itu sendiri, apakah investasi jangka pendek atau jangka panjang. Bagi investor, hal ini bisa berbeda. Meski return on investment sebuah investasi membutuhkan waktu lama, bagi mereka yang memiliki tujuan jangka panjang, justru itu yang diinginkan dan yang paling baik. Bisa jadi investasi tersebut berfungsi sebagai tabungan, pensiun atau asuransi di kemudian hari.

Untuk memahami payback period ini kita ambil sebuah contoh. Anda ditawari dua buah investasi. Yang satu properti dan satunya lagi tambak udang. Modal untuk properti Rp 2 milyar dengan rate of return 20 persen per tahun. Sedangkan tambak udang modalnya Rp 500 juta dan rate of returnnya 15 persen per tahun. Investasi manakah yang bakal Anda pilih dihitung dari payback period-nya?

Untuk properti, payback period-nya adalah 5 tahun [2 milyar/ (20 persen x 2 milyar)], di mana setiap tahunnya investasi yang kembali adalah Rp 400 juta. Kalau Anda memilih properti berarti uang Anda akan kembali dalam jangka waktu 5 tahun dan tahun-tahun berikutnya adalah keuntungan bersih Anda. Seandainya Anda memilih investasi tambak udang maka modal Anda akan kembali dalam jangka waktu 6 tahun 8 bulan.

Pasukan Synergy

Perhitungannya, Rp 500 juta dibagi 15 persen x Rp 500 juta, di mana hasilnya setiap tahun modal yang kembali Rp 75 juta. Setelah dibagi 12 bulan, ini berarti setiap bulan investasi yang kembali adalah 6,25 juta.

Dari contoh ini terlihat bahwa investasi properti lebih baik dibandingkan tambak udang jika diukur dari payback period. Jadi jangan pernah merasa takut untuk menginvestasikan modal yang lebih besar jika memang hasil investasinya lebih cepat kembali. Bukankah pepatah Tiongkok berkata, “Untuk mendapatkan ikan yang lebih besar maka kita perlu menggunakan umpan yang lebih besar?”

Demikian info tentang Jangka Waktu Pengembalian dalam Investasi semoga bermanfaat.

Pasukan Synergy

Sumber: Membaca Saham, Ali Arifin

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas

Leave a Reply