Kategori Bidang Usaha untuk Investasi

Kategori Bidang Usaha untuk Investasi – Dunia usaha sangatlah luas. Mungkin Anda pernah mendengar pameo yang berbunyi “Apa pun bisa dijadikan duit”. Memang begitulah kenyataannya. Bagi entrepreneur sejati, segala hal bisa dijadikan lahan bisnis atau bidang usaha baru. Dan ini terus terjadi dan akan terus terjadi sesuai peningkatan kebutuhan manusia.

Kategori Bidang Usaha untuk Investasi

Namun untuk memudahkan kita menilai atau menggolongkan jenis usaha apa yang bisa kita terjuni, yang akan atau sedang kita terjuni, kita bisa mengelompokkannya ke dalam beberapa kategori. Anda bisa mereka-reka kategori bidang usaha apa yang cocok buat Anda.

Pabrikasi (Manufacturing)

Kalau Anda membuka usaha di mana usaha tersebut membutuhkan bahan baku atau bahan jadi lalu diolah lagi sehingga menghasilkan produk baru, maka usaha tersebut dapat digolongkan ke dalam manufacturing atau pabrikasi. Manufacturing memang identik dengan pabrik atau mesin-mesin.

Meskipun demikian usaha-usaha skala kecil semacam home industry termasuk ke dalam kelompok ini. Contohnya industri garmen, sepatu, tas, boneka, dan sebagainya. Inti pabrikasi adalah menjual produk yang dihasilkan sendiri dan ini artinya Anda adalah tangan pertama.

Perdagangan (Trading)

Jenis usaha yang berkaitan dengan membeli sebuah produk lalu menjualnya kembali dengan mengharapkan keuntungan, dapat dikategorikan ke dalam trading. Biasanya industri perdagangan adalah tangan kanan dari industri manufacturing.

Produk-produk yang dihasilkan oleh pabrik disalurkan sampai ke tangan konsumen untuk dipergunakan melalui usaha perdagangan. Contoh sederhananya adalah toko, kios sepatu, supermarket, showroom, dan sebagainya.

Inti trading adalah menjual produk yang tidak diproduksi sendiri. Selisih harga jual dengan harga beli merupakan keuntungan bisnis perdagangan. Kalau Anda pandai dan dipercaya, Anda bisa membuka usaha trading tanpa harus mengeluarkan modal yang cukup berarti.

Contohnya, seseorang yang mulanya bekerja sebagai salesman, setelah mahir dan mengenal banyak produsen sekaligus memiliki database pelanggan dalam jumlah besar, kemudian orang ini mendekati produsen untuk mensuplai produk secara kredit. Saat itu juga orang ini menjadi semacam boss kecil dalam usaha.

Jasa (Service)

Di antara usaha perdagangan dan pabrikasi, kita mengenal bisnis jasa atau pelayanan. Usaha ini bisa saja menjual sebuah barang tetapi lebih difokuskan pada pelayanan atas produk tersebut. Contoh sederhana bisnis jasa adalah fotocopy, rental, restoran, bengkel, rumah sakit, akuntan, kantor pengacara, perbankan, universitas, hotel, tour & travel, dan sebagainya.

Agrobisnis (Agroculture)

Kalau Anda ingin membuka usaha yang kebal krisis ekonomi seperti beberapa waktu lalu maka liriklah bisnis agro-culture. Seperti yang kita ketahui beberapa produk komoditi andalan seperti lada, kopi, cengkeh, justru harganya mengikuti kurs dollar Amerika.

Agribisnis adalah jenis usaha yang berkaitan erat dengan pengolahan kekayaan alam baik nabati maupun hewani. Usaha penangkapan ikan, tambak udang, perkebunan, pertanian, penebangan hutan adalah sebagian kecil dari usaha agrobisnis. Hutan yang luas, iklim tropis yang sangat baik, tanah yang subur. laut yang luas, membuat Indonesia menjadi semacam tambang emas bisnis agroculture. Tentunya kalau Anda berminat.

Pertambangan (Mining)

Bidang usaha yang mengandung risiko tinggi dalam arti bisa membahayakan keselamatan nyawa dan sekaligus menghasilkan keuntungan yang besar adalah pertambangan. Di bumi yang luas ini sesungguhnya masih banyak kekayaan alam yang ada di bawah tanah yang belum digali dan ditemukan.

Sekali Anda menemukan salah satu kekayaan tersebut, seperti biji timah, nikel, emas, berlian, dan sebagainya, maka bersiaplah untuk menjadi calon jutawan baru.

Demikian info tentang Kategori Bidang Usaha untuk Investasi semoga bermanfaat.

Sumber: Membaca Saham, Ali Arifin

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a Reply