komunitas sb1m

Keterlibatan Pribadi dan Modal yang Diperlukan

Keterlibatan Pribadi dan Modal yang Diperlukan – Jika ada dua jenis investasi yang nilai investasinya sama, memberikan hasil yang sama, di mana yang pertama menuntut tanggung jawab dan keterlibatan Anda secara penuh dan kontinyu sedangkan yang satunya lagi tidak, maka sangat dianjurkan untuk memilih jenis investasi yang kedua.

Keterlibatan Pribadi dan Modal yang Diperlukan

Pasukan Synergy

Katakanlah Anda memiliki pengetahuan yang cukup tentang dunia komputer. Suatu hari seorang teman Anda menawari Anda kerjasama investasi untuk membuka bisnis komputer dan satunya lagi bisnis jasa travel. Modal yang dibutuhkan dari Anda untuk kedua jenis investasi ini adalah sama, yakni Rp 100 juta. Tingkat keuntungan bersih yang dijanjikan yang bakal Anda terima untuk kedua jenis investasi tersebut adalah sama, yakni Rp 10 juta per bulan.

Hanya satu permintaan dari teman Anda tersebut, yaitu jika Anda memilih investasi bidang komputer diharapkan partisipasi Anda dalam usaha tersebut secara penuh. Alasan dia, karena Anda mahir tentang komputer. Tetapi jika Anda memilih jasa travel, keterlibatan Anda tidaklah mutlak diperlukan.

Dapat dipastikan bahwa Anda akan memilih bisnis jasa travel. Alasannya, selain karena modal investasi yang diperlukan sama, keuntungannya sama, ternyata Anda tidak perlu turun tangan sehingga Anda bisa melakukan kegiatan (usaha) lainnya yang tentunya akan menambah pendapatan Anda, Inilah yang dimaksud dengan keterlibatan pribadi.

Sedangkan mengenai modal didasarkan atas prinsip ekonomi, yakni dengan modal sekecil-kecilnya untuk menghasilkan keuntungan sebesar-besarnya. Kita ambil contoh sebelumnya. Anda dipastikan ikut bergabung bisnis jasa travel dan mulai mengkalkulasi keuangan pribadi.

Ternyata dana segar yang Anda miliki sekitar Rp 125 juta. Kebutuhan mendesak Anda, yakni untuk kontrak rumah, biaya hidup sehari-hari, dan lainnya sebesar Rp 50 juta rupiah. Setelah dikurangi, dana Anda hanya tinggal Rp 75 juta. Masih kurang Rp 25 juta untuk investasi tersebut.

Pasukan Synergy

Anda mulai berpikir apakah kekurangan tersebut akan ditutup dengan pinjaman atau mencairkan deposito. Ada kabar baik, saudara dekat Anda rela meminjamkan uang tersebut tanpa bunga dan masa pembayarannya bebas. Pada saat yang sama ternyata ada tawaran investasi lain, yakni membuka usaha catering. Dengan modal yang hanya Rp 70 juta, tingkat keuntungan yang dijanjikan Rp 10 juta per bulan.

Karena tingkat keuntungan (rate of return) yang dijanjikan adalah sama maka dapat dipastikan Anda akan berubah pikiran untuk memilih catering meski sedikit kalah gengsi dibandingkan travel. Selain itu dana segar Anda akan tersisa Rp 5 juta. Namun demikian orang lain mungkin akan memilih bisnis travel. Selain alasan gengsi, bisa jadi pinjaman saudara tersebut tidak perlu mereka bayar atau dananya lebih besar dari dana yang Anda miliki.

Di sini terlihat bahwa seringkali investasi itu sangat ditentukan oleh banyak faktor, seperti keuangan pribadi, selera, kepentingan, keahlian dan sebagainya, yang tentunya berbeda untuk setiap orang.

Bagaimana kalau seandainya keuntungan catering hanya Rp 9 juta per bulan? Apakah Anda tetap akan memilih catering atau lebih suka travel? Meski rate of return-nya lebih kecil, tetapi Anda tidak perlu berhutang (meminjam) maka tetap dianjurkan untuk memilih catering. Jika memilih travel, berarti Anda memiliki hutang Rp 25 juta yang tentu tetap harus dilunasi.

Perhitungannya menjadi lebih serius jika ternyata dalam sebuah pinjaman, Anda dikenai bunga. Bagaimana kalau ternyata bisnis travel gagal? Anda memiliki hutang. Tetapi jika bisnis catering gagal, Anda tidak memiliki hutang. Jadi pada dasarnya adalah berinvestasilah sesuai dengan kantong Anda. Usahakan menghindari pinjaman atau hutang meski persyaratannya mudah.

Demikian info tentang Keterlibatan Pribadi dan Modal yang Diperlukan semoga bermanfaat.

Sumber: Membaca Saham, Ali Arifin

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas

Leave a Reply