komunitas sb1m

Peranan Tingkat Inflasi dalam Investasi

Peranan Tingkat Inflasi dalam Investasi – Inflasi diperhitungkan dalam prinsip-prinsip berinvestasi karena inflasi berkaitan erat dengan nilai waktu dari uang. Seperti kita ketahui, jumlah tertentu dari uang di masa sekarang akan berubah nilainya di masa yang akan datang. Sepuluh ribu rupiah di hari ini akan berubah nilainya di masa yang akan datang. Hal ini disebabkan karena adanya inflasi.

Pasukan Synergy

Peranan Tingkat Inflasi dalam Investasi

Misalnya saja saat ini harga dua kaleng susu kental manis adalah sepuluh ribu rupiah. Tahun depan dua kaleng susu tersebut bisa jadi harganya lebih tinggi atau lebih rendah (yang terakhir ini hampir tak pernah terjadi).

Pasukan Synergy

Pengertian inflasi yang paling sederhana adalah kenaikan harga barang-barang secara umum atau penurunan daya beli dari sebuah satuan mata uang. Jika harga satu macam barang naik sedangkan yang lainnya tetap maka belum dapat dikatakan telah terjadi inflasi. Inflasi baru dapat dikatakan terjadi jika harga barang-barang kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak dan sebagainya bergerak naik secara serentak dan menyeluruh di semua tempat.

Kenaikan harga produk tersebut tentu akan membuat harga barang-barang lainnya juga naik. Pada saat itulah daya beli dari uang kita menjadi turun dan terjadilah inflasi.

Penyebab terjadinya inflasi sangatlah kompleks dan sampai saat ini menjadi bahan perdebatan para ekonom. Selain karena faktor inefisiensi dan produktivitas perekonomian yang menurun dari sebuah unit produksi tiap negara, inflasi juga dapat terjadi karena kebijakan moneter dan fiskal sebuah negara.

Contohnya, ketika pemerintah berusaha menekan harga dollar yang semakin menakutkan dengan menaikkan suku bunga, pada saat itu juga inflasi semakin menjadi-jadi. Suku bunga yang tinggi mengakibatkan bunga pinjaman kredit bank buat para pengusaha menjadi naik. Akibatnya, ongkos produksi naik dan berujung pada kenaikkan harga jual produk.

Memang serba susah dalam situasi seperti ini. Jika suku bunga tidak dinaikkan maka orang-orang akan lebih suka memegang dollar yang berakibat rupiah anjlok dan tak ada artinya sehingga harga produk di pasar distandarkan dengan dollar yang intinya adalah inflasi juga.

Demikian info tentang Peranan Tingkat Inflasi dalam Investasi semoga bermanfaat.

Sumber: Membaca Saham, Ali Arifin

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas

Leave a Reply