Tujuan Saving Seseorang Ketika Memiliki Uang

Tujuan Saving Seseorang Ketika Memiliki Uang – Menurut Keynes, jika seseorang memiliki atau memegang uang dalam jumlah tertentu maka akan ada tiga kemungkinan yang berkaitan dengan tujuan orang tersebut memegang uang. Uang tersebut akan dipergunakan oleh seseorang untuk :

  • Tujuan saving,
  • Tujuan transaksi atau
  • Tujuan spekulasi.

Pada postingan kali ini hanya akan dibahas tentang tujuan saving ketika seseorang memiliki atau memegang uang dalam jumlah tertentu.

Tujuan Saving seseorang ketika memiliki uang

Tujuan Saving

Tujuan saving artinya menempatkan uang kita untuk disimpan guna berjaga-jaga. Entah itu berjaga-jaga untuk kebutuhan-kebutuhan mendesak yang sangat memerlukan uang di masa yang akan datang, misalnya sakit, menikah, kecelakaan atau bisa juga untuk mencapai sasaran jangka panjang yang tidak mampu dipenuhi saat ini.

Katakanlah untuk membeli barang yang harganya sangat mahal sehingga perlu menabung dulu. Masyarakat dalam memegang uang akan banyak melakukan tujuan saving jika peramalan mereka akan masa depan tidaklah menentu (unforecast). Semakin tidak menentunya masa yang akan datang maka semakin tinggi persentase saving yang dialokasikan.

Banyak orang beranggapan bahwa saving hanya dapat dilakukan jika kebutuhan hidup telah terpenuhi secara baik dan masih terdapat kelebihan dana. “Jangankan menabung, untuk makan saja susah”, atau, “Dengan gaji segini bagaimana bisa menabung?” Begitulah seringkali orang memberi alasan.

Kenyataannya dengan bertambahnya penghasilan seringkali bertambah pula kebutuhan yang berujung meningkatnya pengeluaran. Sebelum memiliki mobil kita tak perlu pusing memikirkan biaya perawatan, bensin, dan sebagainya. Namun setelah memiliki tambahan uang untuk membeli mobil, kita memerlukan tambahan biaya pengeluaran atas kepemilikan mobil tersebut.

Karena itu sebenarnya berapapun penghasilan yang kita miliki, kita perlu mengalokasikannya sebagian untuk saving. Hal ini untuk menghindarkan diri kita dari hutang yang menjerat di suatu saat yang tak bisa kita perkirakan.

Selain sangat dianjurkan pemerintah dan penasihat keuangan, saving ternyata sangat berperan dalam perekonomian sebuah negara. Bisa kita bayangkan jika sebuah negara masyarakatnya tak pernah menabung, otomatis uang yang dimilikinya cenderung untuk dibelanjakan yang akhirnya akan meningkatkan permintaan atas produk yang dapat berakibat pada inflasi (kenaikan harga).

Di samping itu lembaga keuangan seperti bank akan kekurangan modal yang dapat disalurkan, menyebabkan perusahaan-perusahaan yang ada meminjam ke luar negeri, yang berakibat hutang semakin besar. Inilah yang sedang terjadi di Indonesia. Barangkali Anda sedikit berperan dalam hutang yang semakin besar itu.

Demikian info tentang Tujuan Saving Seseorang Ketika Memiliki Uang semoga bermanfaat.

Sumber: Membaca Saham, Ali Arifin

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a Reply