komunitas sb1m

Tujuan Transaksi dan Spekulasi Saat Orang Memiliki Uang

Tujuan Transaksi dan Spekulasi Saat Orang Memiliki Uang – Pada postingan sebelumnya telah dibahas mengenai tujuan saving ketika orang memiliki uang. Kali ini akan dibahas dua tujuan lainnya yaitu tujuan transaksi dan tujuan spekulasi.

Tujuan Transaksi

Ketika kita menggunakan uang baik dalam bentuk apa pun dan uang tersebut kita tukarkan untuk mendapatkan sebuah produk (barang atau jasa) maka saat itu juga dikatakan kita telah menggunakan uang tersebut untuk tujuan transaksi. Contoh yang paling sederhana adalah ketika kita membeli makanan, minuman, perabot rumah tangga, memesan tiket, membayar iuran bulanan seperti listrik, air, telepon dan sebagainya. Intinya adalah uang yang kita miliki telah berpindah tangan ke pihak lain dan kita memperoleh kepuasan atas apa yang diberikan oleh pihak lain tersebut.

tujuan transaksi dan spekulasi saat orang memiliki uang

Kita akan terdorong untuk melakukan banyak transaksi jika kita merasa yakin bahwa apa yang kita bayarkan itu nilainya seimbang atau lebih kecil dari apa yang bakal kita terima. Jika kita masih merasa ragu tentunya transaksi tersebut akan ditunda sampai tiba waktu yang tepat di masa yang akan datang (tujuan saving).

Tujuan transaksi berkaitan erat dengan sasaran jangka pendek, bahkan instant (saat itu juga). Pada saat harga barang-barang menjadi lebih murah dari biasanya maka akan ada banyak transaksi yang terjadi. Di satu sisi, transaksi yang sering terjadi akan membuat harga naik kembali hingga mencapai keadaan normal (sebelum terjadinya penurunan) bahkan cenderung naik melebihi keadaan normal. Inilah yang sering disebut dengan hukum permintaan dan penawaran dalam studi ekonomi yang kebenarannya sangat nyata sekali dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi para pelaku bisnis, termasuk di dunia perdagangan saham, gejala-gejala seperti itu haruslah diperhatikan. Harga sebuah saham akan naik tajam jika diminati atau dibuat seolah-olah diminati oleh banyak investor. Dan salah satu tugas kita adalah bagaimana membuat dan meyakinkan para investor supaya meminati sebuah saham dan mengetahui alasan mengapa mereka meminati saham tersebut.

Tujuan Spekulasi

Di samping menempatkan dana dalam bentuk transaksi dan saving, orang-orang juga menempatkan dana dalam bentuk spekulasi. Artinya uang tersebut diinvestasikan dengan harapan akan berkembang dan menghasilkan nilai yang lebih tinggi. Misalnya dipergunakan untuk membuka usaha, berjudi, bermain saham, valuta asing dan sebagainya.

Masyarakat akan suka berspekulasi jika mereka yakin mereka akan berhasil (menang) dan uangnya akan kembali berkali lipat. Keyakinan ini adalah sesuatu yang wajar dan memang haruslah demikian. Jangan pernah melakukan spekulasi jika tidak yakin akan memenangkannya. It’s fatal to enter any war without will to win it. Begitu kata Jenderal Mac Arthur.

Bisnis ibarat perang. Meskipun kita yakin akan menang namun belum tentu menang. Kita berhadapan dengan banyak pesaing, yaitu orang-orang yang sama seperti kita yang mengharapkan kemenangan. Persaingan ini menuntut banyak strategi. Entah itu bernain saham, membuka usaha, bermain judi, dan sebagainya, strategi sangat diperlukan. Tak heran buku-buku klasik tentang strategi bersaing dan perang seperti The Art of War karya Sun Tzu sangat dianjurkan untuk dimengerti.

Di zaman yang semakin maju dan kompleks seperti sekarang ini, seringkali tujuan transaksi, saving dan spekulasi membaur menjadi satu dan sangat sulit dipisahkan. Tabungan bank yang pada mulanya adalah saving tetapi dengan adanya pergerakan suku bunga, membuatnya menjadi sarana spekulasi. Komputer yang kita beli untuk dipergunakan sehari-hari ternyata bisa juga dipakai untuk usaha jasa pengetikan yang bersifat spekulasi.

Pasukan Synergy

Membeli dan membayar premi asuransi adalah tindakan transaksi yang sekaligus mengandung tujuan saving untuk masa yang akan datang. Ternyata di pasar ada juga asuransi yang bisa dialihkan atau dipindahtangankan yang membuatnya menjadi sarana spekulasi.

Pasukan Synergy

Demikian info tentang Tujuan Transaksi dan Spekulasi Saat Orang Memiliki Uang semoga bermanfaat.

Sumber: Membaca Saham, Ali Arifin

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas

Leave a Reply